#DiaryBanker13 : AMANAH

taken from google

taken from google

Ini bukan tentang air minum amanah milik salah satu nasabah inti B*I Syariah Banjarmasin. Bukan juga tentang seseorang yang bernama amanah. Tapi postingan kali ini khusus gw dedikasikan untuk the best CEO dan Direktur Bisnis Konsumer yang pernah gw miliki, Pak Imam Teguh Saptono dan Pak Kukuh Raharjo.

Berbicara tentang mereka berdua, secara pribadi gw belum pernah ada komunikasi yang intens dengan mereka. Pertama kali bertemu dengan mereka sepertinya pada saat acara grand launching KCG di tahun 2013. Saat itu Pak Imam masih menjabat sebagai Direktur Bisnis, sedangkan Pak Kukuh masih menjabat sebagai GM CSD (klo gak salah). Waktu itu gw masih tergolong newbie. Jadi bertemu dengan mereka sudah pasti minder dan keder. Dan dengan jabatan mereka yang sudah sebegitu tingginya, apalah arti gw di hadapan mereka. Gw kenal mereka itu wajar, tapi mereka kenal gw, kayaknya enggak deh. Hehehe. Piss Pak Imam dan Pak Kukuh ^_^

Setelah acara KCG, seinget gw Pak Kukuh pernah beberapa kali silaturahim ke Banjarmasin. Tapi dengan kapasitas beliau sebagai GM Divisi Konsumer, gw yang posisinya di divisi sebelah alias Divisi Komersil jadi gak terlalu ngeh dan concern. Dan dengan gaya khasnya yang Jakarta –suka berbicara apa adanya-, karakter beliau bisa gw pahami, secara gw juga kan tinggal dan besar di Jakarta waktu masih kecil. Sotoy.com.

Kemudian tentang Pak Imam, selepas acara KCG sepertinya belum pernah beliau silaturahim lagi ke Banjarmasin. Lain halnya dengan salah satu Direktur lainnya yang sudah sangat familier dengan Banjarmasin. Yah, tapi memang jarak Jakarta-Banjarmasin menjadi salah satu pertimbangan, selain juga belum ketemunya potensi bisnis yang bisa membuat para pimpinan di KP untuk singgah dan berhadir ke Banjarmasin.

Seiring berjalannya waktu, terjadi pergantian level pimpinan di KP. Pak Imam diamanahkan menjadi Direktur Utama menggantikan Pak Dino, sedangkan Pak Kukuh diamanahkan menjadi Direktur Bisnis Konsumer. Kepemimpinan baru yang luar biasa menurut gw. Spirit yang dibawanya melebihi urusan dunia. Orientasinya lebih dari itu. Dakwah.

Maka ketika akhirnya di akhir tahun 2016 di Jakarta ramai kasus penistaan agama, posisi mereka berdua jelas berada dimana. Terlebih lagi dengan munculnya tagline Lillah, Fillah, Billah yang mereka munculkan di business meeting kemaren. Maka jelas sudah bahwa ekonomi syariah adalah sebuah ladang dakwah, bukan sekedar bisnis dunia semata, tapi bisnis kita langsung dengan Allah Azza Wa Jalla.

*~*

Gw sendiri terakhir ketemu dengan Pak Imam pada saat komite ukhuwah di KP, pertengahan 2016. Saat itu gw menyaksikan dengan kepala gw sendiri bahwa beliau memang memancarkan hawa positif di tengah-tengah komite yang biasanya berlangsung menegangkan dan kadang menjadi ajang pembantaian. Alhamdulillah komite pertama gw saat itu berjalan lancar. Sayangnya memang saat itu Pak Kukuh tidak bisa berhadir saat komite. Gw bersyukur masih sempat komite dengan beliau. Komite yang pertama dan (mungkin) terakhir gw bersama beliau.

Lalu tentang Pak Kukuh, gw lupa kapan terakhir ketemu beliau. Tapi memang gw merasakan ada perubahan yang signifikan dari pribadi Pak Kukuh. Dari apdetan instagram B*I Syariah Surabaya, gw bisa lihat secara kasat mata perubahan beliau. Allahu Akbar!

Maka menjadi sangat wajar kalau kami semua selaku jundijundi mereka merasa kehilangan ketika pergiliran amanah ini terjadi. Dadakan. Bahkan instagram B*I Syariah Surabaya yang paling apdet se-Indoesia Raya sampai memposting seluruh foto-foto mereka, tanpa sempat membuat caption-nya. Hal yang tidak lazim mereka lakukan. Belum lagi propic ttg beliau-beliau yang dipakai oleh sebagian besar insan hasanah. Solidaritas tanpa batas!

The last but not least, semoga kita semua bisa tetap istiqomah berjuang di perbankan syariah. Tidak sekedar bisnis dunia. Tapi niatkan sebagai dakwah. Dakwah first, business follow. Insya Allah semangat Lillah, Fillah, Billah yang telah Pak Imam dan Pak Kukuh gelorakan dapat terus berkobar hingga akhir hasanah titik!

Banjarmasin, 23 Maret 2017~H-1 jelang 5th anniversary…

Advertisements

2 thoughts on “#DiaryBanker13 : AMANAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s