Alif yang Pertama

Dalam susunan huruf hijaiyah, alif adalah huruf pertama. Permulaan. Awalan. Maka ketika akhirnya anak pertama saya lahir, terbesit ide untuk menyelipkan nama alif diantara syahdan dan arohman (dua nama yang telah saya dan istri sepakati sebelumnya).

20150501_151324

syahdan alif belum genap setahun

Memberi nama lebih dari dua kata sebenarnya untuk mengakomodir pembuatan paspor nantinya. Hehehe. Tapi memang nama alif ini benar-benar harapan dan doa saya selaku orang tua. Mengingat kehadirannya benar-benar kami nantikan. Anak pertama, setelah menikah di Maret 2012, Allah akhirnya berkenan menganugerahkan seorang anak laki-laki kepada kami pada bulan Juli 2014. Menunggu saat yang tepat selama 2 tahun 4 bulan lamanya. Bukan waktu yang singkat. Tapi tidak juga lama. Tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

Perihal nama alif ini juga membuat saya pribadi berpikir keras. Adakah teman atau handai taulan dari saya dan istri yang juga bernama alif. Jikalau ada, bagaimana karakter orangnya? Perilakunya? Kehidupannya? Karena nama itu akan sangat melekat pada yang tadi saya pertanyakan diatas. Dan setelah melakukan riset singkat, nama alif masih belum termasuk nama yang masuk black list. Hehehe.

Lalu apa arti alif yang sebenarnya? Dalam bahasa arab, kurang lebih berarti ramah-menyenangkan-sahabat karib. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, artinya jenius dan berpengatahuan luas. Maka pemberian nama alif secara tidak langsung adalah doa kami, agar kelak anak pertama kami ini menjadi pribadi yang mudah bersahabat dengan sesama, asyik anaknya dan gaul (but always syar’i).

Banjarmasin, 15 Agustus 2018

Genap 8 tahun di Banjarmasin

2 thoughts on “Alif yang Pertama

Leave a comment